Tips dan Cara Memilih Hardisk Internal yang Bagus

By | November 26, 2020

Cara Memilih Hardisk Internal Yang Bagus – Berbeda dengan hardisk external yang umum digunakan seseorang, hardisk internal sebagai tempat penyimpanan data pada PC atau laptop. Apabila hardisk internal laptop atau PC rusak maka wajib diganti yang baru agar dapat berfungsi kembali. Anda harus mengetahui cara memilih hardisk internal yang bagus untuk PC atau laptop Anda karena jika hardisk internal yang rusak maka PC atau laptop tidak akan bisa menyala dan data-data Anda bisa hilang.

Cara Memilih Hardisk Internal Yang Bagus

Cara Memilih Hardisk Internal Yang Bagus

Walau fungsinya sebagai tempat penyimpanan data pada PC atau laptop ternyata banyak juga yang memfungsikan hardisk internal seperti hardisk external dengan menyambungnya melalui kabel yang digunakan pada hardisk external. Tentu saja harga hardisk internal lumayan mahal dari harga hardisk external namun kecepatannya juga sangat cepat dibanding dengan hardisk external. Anda harus memilih dengan tepat hardisk internal Anda karena ini berkaitan dengan PC atau laptop Anda langsung.

Hardisk internal dilihat dari merknya

Bagi Anda yang ingin membeli atau mengganti hardisk internal pada PC atau laptop, Anda wajib mempertimbangkan merk sebagai cara memilih hardisk internal yang bagus. Sebaiknya Anda memilih merk hardisk internal yang sama dengan merk PC atau laptop atau hardisk internal yang lama. Ini bertujuan agar PC atau laptop tidak lambat dalam mengakses data yang diperlukan.

Hardisk internal dilihat dari kapasitasnya

Untuk membeli hardisk internal, Anda harus memperhitungkan dengan teliti seberapa besar kapasitas yang Anda perlukan untuk PC atau laptop Anda. Apakah Anda ingin mengganti hardisk internal Anda karena sudah rusak atau hanya ingin menambah hardisk internal biar kapasitas penyimpanan PC atau laptop Anda semakin besar. Dan ingat, Anda harus menyesuaikan dengan sistem operasi laptop Anda dan kapasitasnya.

Hardisk internal dilihat dari usia dan kondisinya

Karena harga hardisk internal lumayan mahal maka kondisi dan usia hardisk internal yang akan Anda beli wajib dimasukkan dalam pertimbangan sebagai cara memilih hardisk internal yang bagus. Kebanyakan jika harganya terlalu mahal dan membutuhkan hardisk internal dengan kapasitas besar maka pilihannya adalah hardisk internal bekas. Namun begitu Anda tidak boleh membeli hardisk internal yang sudah pernah rusak dan diperbaiki. Cermatlah dalam memilih karena bisa jadi Anda malah rugi jika hardisk tersebut ternyata lebih parah kondisinya dan mengecewakan.

Hardisk internal dilihat dari kecepatan transfer dan putaran rotasinya

Cara memilih hardisk internal yang bagus selanjutnya adalah dengan melihat kecepatan transfer data pada PC atau laptop Anda. Anda bisa mencoba memindahkan data untuk mengetes kecepatannya karena biasanya apa yang tertulis pada kemasan atau yang dipromosikan tidak sesuai. Untuk putaran rotasinya yaitu seberapa cepat hardisk internal Anda dapat membaca perintah dalam mengakses data yang dimaksud pada PC atau laptop Anda.

Hardisk internal dilihat dari utility dan controllernya

Utility hardisk bisa Anda periksa kondisi hardisk sesungguhnya dengan menggunakan disk manager karena file atau data di dalamnya bisa lebih terekspos. Anda harus memperhatikan controller dari hardisk karena jika hardisknya saja yang cepat namun controller nya lambat otomatis hardisk internal Anda juga akan ikut melambat.

Sebaiknya pilih hardisk internal yang berasal dari distributor resmi untuk lebih aman dan juga memiliki garansi walau harganya agak mahal. Anda bisa memasukkan hal-hal tersebut sebagai pertimbangan Anda dalam cara memilih hardisk internal yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *